MAKSIMALISASI LABA PRODUK SEPEDA MOTOR YAMAHA ALL NEW NMAX (Studi Kasus pada Dealer Yamaha Tunas Motor Bekasi)

Penulis

  • Endah Murwati STIE Tri Bhakti
  • Irvan Oentoeng STIE Tri Bhakti

DOI:

https://doi.org/10.59806/tribisnis.v4i1.145

Kata Kunci:

Maksimalisasi laba, harga jual, biaya, pendekatan non linier, Yamaha All New Nmax

Abstrak

Sebagai salah satu negara dengan populasi penduduk terbesar di dunia
menjadikan Indonesia sebagai salah satu negara dengan sasaran pasar bagi
produsen-produsen barang dan jasa dari seluruh dunia terutama pasar kendaraan
bermotor. Sebelum terjadi pandemi pada tahun 2020, total penjualan motor selama
tahun 2016 – 2019 selalu mengalami kenaikan. Di lain pihak, pada periode tahun
yang sama data penjualan motor Yamaha justru berfluktuatif. Yamaha yang
meluncurkan varian produk All New Nmax pada segmen scootermatic besar justru
mengalami penurunan meskipun sudah dilakukan pembaharuan tampilan produk
(facelift).Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor utama penyebab
keputusan pembelian dan pembatalan pembelian Yamaha All New Nmax, analisis
harga, analisis biaya, dan maksimalisasi laba pada setian varian Yamaha All New
Yamaha di dealer Yamaha Tunas Motor Bekasi.Sumber data berasal dari
wawancara, data laporan perusahaan yang dapat dipublikasi dan referensi
lainnya.Jenis penelitian ini bersifat studi kasus dengan metode regresi linier
sederhana untuk menentukan kurva permintaan, metode non-linier untuk
menentukan harga optimum yang menghasilkan laba maksimum pada setiap varian
Yamaha All New Nmax.Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor harga lebih
dominan sebagai penyebab pembatalan pembelian, sedangkan faktor non harga
sebagai penyebab keputusan pembelian.Komponen biaya terbesar adalah harga
pembelian produk dari distributor. Harga optimum yang menghasilkan laba
maksimum pada setiap varian Yamaha All New Nmax ABS dan Non ABS adalah
Rp 35,9 juta dan Rp 32 juta. Varian produk Non ABS merupakan contributor laba
terbesar, sedangkan varian produk ABS diperkirakan sebagai produk pelengkap
segmen agar tidak dimasuki oleh pesaing lain dari produk kompetitor yang sejenis
yaitu Honda AGV ABS dan Honda PCX ABS dengan harga produk All New Nmax
ABS berada diantara kedua pesaingnya.

Biografi Penulis

Endah Murwati, STIE Tri Bhakti

Prodi Manajemen STIE Tri Bhakti

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-02-15