PENGARUH ANXIETY TRAITS DAN THE BIG FIVE PERSONALITY TRAITS TERHADAP KEPUTUSAN INVESTASI SAHAM PADA GENERASI Z DI KOTA MEDAN
DOI:
https://doi.org/10.59806/tribisnis.v5i2.267Kata Kunci:
Anxiety Traits, The Big Five Personality, Keputusan InvestasiAbstrak
Generasi Z merupakan generasi digital yang memahami seluk-beluk komunikasi elektronik yang terorganisasi di seluruh dunia melalui telepon atau satelit. Generasi Z tidak diragukan kemampuannya dalam mendapatkan data. Keadaan tersebut menjadikan Generasi Z memiliki minat lebih tinggi untuk berinvestasi di pasar modal karena keunggulan dalam mendapatkan informasi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh anxiety traits dan the big five personality terhadap keputusan investasi Generasi Z di Kota Medan. Pengaruh antara anxiety traits serta the big five personality tersebut akan dianalisis secara parsial dan simultan terhadap keputusan investasi. Bentuk penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah Generasi Z di Kota Medan yang melakukan investasi di pasar modal yaitu saham, dengan sampel berjumlah 96 responden, dengan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Data primer diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara langsung dan melalui kuesioner dan data sekunder diperoleh melalui studi kepustakaan. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, dan uji hipotesis. Hasil penelitian ini menunjukkan anxiety traits (X1) dan the big five personality (X2) berpengaruh signifikan baik secara parsial maupun simultan terhadap pengambilan keputusan Generasi Z di Kota Medan (Y). Uji koefisien determinasi menunjukkan terdapat hubungan erat antara anxiety traits dan the big five personality terhadap pengambilan keputusan dengan nilai R sebesar 0,840. Melalui nilai adjusted R square juga diketahui bahwa anxiety traits dan the big five personality sebesar 70% terhadap keputusan investasi sedangkan sisanya sebesar 30% dipengaruhi oleh variabel lain di luar model penelitian ini.