PENGARUH ORIENTASI PASAR DAN INOVASI PRODUK TERHADAP KINERJA PEMASARAN UMKM KOTA BEKASI DI RAWALUMBU

Penulis

  • Aloysius Albert William
  • Rizki Oktaviani STIE Tri Bhakti
  • Steven Matthew

DOI:

https://doi.org/10.59806/tribisnis.v5i1.270

Kata Kunci:

Orientasi Pasar, Inovasi Produk, Kinerja Pemasaran

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orientasi pasar, dan inovasi produk terhadap kinerja pemasaran UMKM kota Bekasi di Rawalumbu. Metode yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Responden terdiri dari para pelaku UMKM Kota Bekasi di Rawalumbu yang terdata dan memiliki izin. Data yang diperoleh penulis dengan menggunakan metode penyebaran kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara parsial variabel orientasi pasar berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pemasaran sedangkan variable inovasi produk berpengaruh tidak signifikan terhadap kinerja pemasaran UMKM kota Bekasi di Rawalumbu. Untuk penelitian selanjutnya dapat ditambahkan variabel-variabel lain yang mempengaruhi kinerja pemasaran, diantaranya adalah orientasi kewirausahaan, orientasi pembelajaran, citra merek, nilai pelanggan dan kualitas produk serta menambah jumlah sampel UMKM kota Bekasi di Rawalumbu.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-02-15