Analisis Green Marketing terhadap Eco-Friendly Product pada Convenience Store Menggunakan Metode SWOT

Penulis

  • Muhammad Ainul Fahmi Universitas Padjadjaran
  • Nenden Kostini Universitas Padjadjaran
  • Gesa Aldin Barqin Universitas Djuanda
  • Iqbal Ridho Juliandri Lawson Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.59806/tribisnis.v5i2.278

Kata Kunci:

Green Marketing, Eco-Friendly Product, Convenience Store, SWOT

Abstrak

Penggunaan kemasan plastik sekali pakai yang sulit terurai secara alami sangat berbahaya untuk bumi dan lingkungan. Hal tersebut lah yang memicu para pebisnis khususnya di convenience store untuk mengurangi plastik dengan cara melakukan green marketing pada eco-friendly produk. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi apa yang tepat digunakan dari konsep green marketing pada eco-friendly product yang diterapkan pada convenience store Lawson di Indonesia. Pada penelitian ini akan digunakan penelitian kualitatif menggunakan Focus Group Discussion (FGD) kepada 2 karyawan Lawson Indonesia di wilayah Jakarta dan Jawa Timur, yang kemudian hasil dari FGD tersebut dilakukan analisa menggunakan metode SWOT. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa perusahaan perlu menerapkan strategi pada kuadran pertama atau strength opportunity untuk meningkatkan green marketing terhadap eco-friendly product di convenience store mereka.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-08-31