KOMPETENSI MANAJER DALAM MENGATASI KONFLIK PERILAKU ORGANISASI
DOI:
https://doi.org/10.59806/tribisnis.v3i1.28Kata Kunci:
Manajer, konflik, organisasi, komptensiAbstrak
Konflik sering kali ditemui di dalam kehidupan, konflik bisa beragam dan dengan siapa saja. Konflik
dapat terjadi akibat adanya kesalahpahaman, tidak dapat menerima pendapat satu sama lain, dan adanya
perbedaan dalam berpikir. Konflik yang umum terjadi di perusahaan adalah konflik yang terjadi karena
adanya keterlibatan individu di organisasi yang mempunyai sifat yang berbeda, tujuan, serta perilaku
yang berbeda satu sama lainnya. Dalam mengatur konflik dibutuhkan pengertian dan keterbukaan,
kesabaran dan juga kesadaran semua pihak. Oleh sebab itu, peran manajer sangatlah penting untuk
mengelola konflik yang ada di suatu organisasi itu sangatlah penting diantaranya: (1) sebagai mediator
dalam mengatasi masalah (2) sebagai konsultan terhadap bawahannya (3) sebagai motivator (4)
mempunyai wewenang dalam pengambilan keputusan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
mengetahui pentingnya kompetensi manajer dalam mengatasi perilaku suatu organisasi sebagai penengah
antar individu dalam organisasi. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode
wawancara kepada manajer dan 4 karyawan. Hasil dari penelitian ini adalah sangat berpengaruhnya
kompetensi yang dimiliki manajer dalam prganisasi karena tanpa adanya pemimpin maka pekerjaan yang
ada tidak akan terkoordinasi dengan baik, dan manajer juga sebagai penengah jika terjadi konflik antar
individu anggota kelompok