ANALISIS PENGARUH KEPERCAYAAN, KEAMANAN, SERTA PERSEPSI RISIKO TERHADAP MINAT BELI KONSUMEN BELANJA ONLINE SHOPEE

Penulis

  • Agus Sutedjo Sutedjo Universitas Gunadarma

DOI:

https://doi.org/10.59806/tribisnis.v3i2.40

Kata Kunci:

: Kepercayaan, Keamanan, Persepsi Risiko, Minat Beli

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepercayaan, keamanan, persepsi risiko terhadap
minat beli belanja online Shopee. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Teknik sampling
yang digunakan adalah teknik non probability sampling melalui metode purposive sampling.
Responden pada penelitian ini berjumlah 100 orang mahasiswa Universitas Gunadarma yang pernah
melakukan transaksi pembelian pada Shopee. Hasil analis data menyatakan bahwa terdapat 1)
Kepercayaan berpengaruh terhadap Minat Beli Konsumen Mahasiswa/I Gunadarma Kalimalang.
Artinya semakin besar kepercayaan yang diberikan maka akan meningkatkan Minat Beli Konsumen
untuk belanja online shopee. 2) Keamanan berpengaruh terhadap Minat Beli Konsumen Mahasiswa/I
Gunadarma Kalimalang. Artinya semakin besar Keamanan berbelanja online shopee maka akan
meningkatkan Minat Beli konsumen untuk berbelanja online shopee berpengaruh terhadap Minat Beli
Konsumen Mahasiswa/I Gunadarma Kalimalang. Artinya semakin besar Keamanan maka akan
meningkatkan Minat Beli Konsumen untuk belanja online shopee. 3) Persepsi Risiko tidak
berpengaruh terhadap Minat Beli Konsumen Mahasiswa/I Gunadarma Kalimalang. Artinya Risiko
atau Tidak Risiko Berbelanja Online Shopee tidak akan mempengaruhi Minat Beli Konsumen untuk
belanja online shopee. 4) Variabel bebas secara simultan yang terdiri dari Kepercayaan (P1),
Keamanan (P2), dan Persepsi Risiko (P3), berpengaruh signifikan terhadap minat beli konsumen
berbelanja online Shopee.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-18