PENGARUH SISTEM INFORMASI AKUNTANSI PENJUALAN BERBASIS WEB TERHADAP PENINGKATAN PENJUALAN DAN RASIO KEUANGAN PADA UMKM
DOI:
https://doi.org/10.59806/tribisnis.v3i2.42Kata Kunci:
Sistem informasi penjualan manual, Sistem Informasi berbasis WEB, Penjualan dan Rasio KeuanganAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sistem informasi akuntansi penjualan yang
sudah berjalan di warung mie ayam bakso Jimbul dan untuk mengetahui bagaimana sistem
informasi akuntansi penjualan UMKM jika dijalankan berbasis web yang akan diterapkan
bakso Jimbul. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, yang mengambil data
dalam satu objek. Objek penelitian yang dipilih adalah warung mie ayam bakso Jimbul
dengan menggunakan metode penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif. Dalam
pengumpulan data, penulis menggunakan beberapa teknik seperti wawancara, observasi,
dan studi pustaka. Dalam analisa data penulis menggunakan metode analisis PIECES,
berorientasi objek, dan kelayakan sistem serta perancangan sistem.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pencatatan sistem yang lama masih menggunakan
sistem manual. Hasil analisis PIECES memberikan sistem penjualan yang baru yang
dijalankan berbasis WEB lebih baik dari segala aspek yang ada. Hasil analisis berorientasi
objek mengadakan kebutuhan hardware dan software serta beberapa pengubahan pada
sistem yang lama dengan sistem yang berbasis WEB Investasi dapat kembali dalam jangka
waktu 1 tahun 9 bulan dengan payback period yang kurang 4 tahun sehingga layak
digunakan. Hasil perhitungan ROI menunjukkan pengembalian investasi sebesar 3,5% yang
berarti bahwa investasi layak dijalankan. Padahasil perhitungan NPV menunjukkan kondisi
positif sebesar Rp. 2.026.654 karena hasil NPV lebih besar dari nol, maka investasi layak
dijalankan










