PENGARUH MEREK DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE XIAOMI

Penulis

  • Daryoko Daryoko STIE Tri Bhakti
  • Prillia Haliawan Haliawan STIE Tri Bhakti

DOI:

https://doi.org/10.59806/jkamtb.v2i2.48

Kata Kunci:

Merek, Harga, Pembelian Smartphone Xiaomi

Abstrak

Strategi Smartphone Xiaomi untuk tetap unggul dan mempertahankan market share di posisi ke 2 setelah
samsung, menjadikan kondisi sebagai latarbelakang dalam penelitian ini. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui pengaruh masing-masing variabel merek (X1) dan harga (X2) terhadap pembelian (Y) pada
smartphone xiaomi di Bekasi Cyber Park. Pengumpulan data melalui penyebaran kuesioner terhadap 100
responden pengguna smartphone Xiaomi di Bekasi Cyber Park. Metode penyebaran kuesioner dilakukan
dengan simple random sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear
berganda yang berfungsi membuktikan hipotesis penelitian. Secara parsial Merek berpengaruh positif dan
signifikan terhadap keputusan pembelian. Hasil perhitungan secara parsial variabel Merek di peroleh nilai t
hitung sebesar 3,854 sedangkan t tabel 1,984. Dengan tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Variabel
harga berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian secara parsial. Hasil perhitungan uji
t secara parsial variabel Harga di peroleh nilai t hitung sebesar 4,757 sedangkan t table 1,984. Dengan
tingkat signifikan sebesar 0,000 < 0,05. Uji F yang dilakukan menyatakan bahwa variabel merek dan harga
berpengaruh positif dan signifikan secara simultan dalam pembelian. Angka Adjusted R Square sebesar
0,680 yang menunjukkan bahwa 68% variansi pembelian bisa dijelaskan oleh kedua variabel independen
yang digunakan dalam persamaan regresi. Sedangkan sisanya sebesar 32% dijelaskan oleh variabel lain
diluar kedua variabel yang digunakan dalam penelitian ini

##submission.downloads##

Diterbitkan

2021-10-18