KAJIAN PENYEDIAAN DAN PENILAIAN BUKU TEKS KURIKULUM 2013

Penulis

  • Iwan Mustari Puslitjakdikbud, Balitbang – Kemendikbud

DOI:

https://doi.org/10.59806/jkamtb.v2i1.95

Kata Kunci:

Buku Teks, Penyediaan dan Penilaian, Matapelajaran Wajib, Matapelajaran Peminatan

Abstrak

Peran buku teks sangat penting bagi peningkatan mutu pendidikan di Indonesia. Kelayakan
dan kualitas buku teks dapat mempengaruhi kualitas hasil pembelajaran. Untuk itu tujuan
penelitin ini adalah mengidentifikasi proses penyediaan buku teks Kurikulum 2013 dan
mengetahui kelengkapan buku teks kelompok matapelajaran wajib dan peminatan di satuan
pendidikan pada jenjang SMA kelas 12. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan
kualitatif dengan teknik pengumpulan datanya melalui Diskusi Kelompok Terpumpun
(DKT). Penelitiannya dilakukan pada bulan Juli – Agustus 2016 di enam daerah yang
meliputi Kota Tangerang, Kota Bandung, Kota Surabaya, Kota Batam, Kota Balikpapan, dan
Kota Makassar. Selain itu dilakukan pula DKT di tingkat pusat. Hasil penelitia menunjukan
bahwa penyusun buku teks kelompok matapelajaran wajib dilakukan oleh tim yang dibentuk
oleh menteri dan melalui proses penelaahan yang ketat, sedangkan kelompok matapelajaran
peminatan disusun oleh penerbit swasta berdasarkan rambu-rambu yang ditetapkan
pemerintah dan kemudian diajukan ke BSNP untuk penilaian kelayakan. Proses penelaahan
dan penilaian yang dilakukan dalam penyediaan buku teks tingkat SMA/sederajat dinilai
cukup bagus, namun terdapat beberapa permasalahan terkait dengan mutu, harga, dan
pemerataan distribusi buku. Untuk mengatasi permasalahan terkait dengan penyediaan buku
teks diperlukan satu badan independen yang bertugas khusus dalam penyediaan buku teks.
Agar penyediaan buku teks dapat lebih bermutu, harganya terjangkau, dan penyebarannya
merata tugas dan kewenangan badan independen tersebut dapat mengikuti praktek baik yang
telah dilakukan Negara India dengan lembaga independennya NCERT (Nasional Council of
Educational Research and Training).

Diterbitkan

2021-12-22