JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS <p>Jurnal Kewirausahaan, Akuntansi dan Manajemen Tri Bisnis merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Bhakti dengan nomor <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1548989379">ISSN : 2656-1298</a> dan <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1546498098">e-ISSN : 2655-9838</a>. Terbit pertama kali pada bulan Januari 2019 dengan frekuensi terbit berkala dua kali setahun, yaitu pada bulan Febuari dan Agustus. Jurnal ini merupakan media publikasi hasil penelitian yang mempublikasikan artikel-artikel ilmiah dari disiplin ilmu kewirausahaan, akuntansi dan manajemen. Penentuan artikel yang dimuat melalui proses review dengan mempertimbangkan karya ilmiah yang terkini, originalitas tulisan, metodologi riset yang digunakan dan hasil riset terhadap pengembangan ilmu di bidang kewirausahaan, akuntansi dan manajemen.</p> <p>Penulis dapat mengirim manuskript / artikel dalam bidang ilmu manajemen dari berbagai kalangan akademisi dan peneliti dari hasil penelitiannya pada laman https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS </p> id-ID lppm@stietribhakti.ac.id (Eddy Setyanto) lppm@stietribhakti.ac.id (Eddy Setyanto) Sen, 06 Jan 2025 14:13:57 +0700 OJS 3.2.1.4 http://blogs.law.harvard.edu/tech/rss 60 Peranan Teknologi Informasi Terhadap Pertumbuhan Industri Mikro Kecil di Indonesia Tahun 2015-2019 https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/395 <p>Penggunaan teknologi informasi pada era ekonomi digital dan industri 4.0 saat ini diutamakan untuk mendukung dan mendorong pertumbuhan Industri Mikro dan Kecil (IMK) di Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh teknologi informasi terhadap industri mikro dan kecil di Indonesia pada tahun 2015-2019. Analisis dilakukan dengan menggunakan variabel jumlah tenaga kerja IMK, Indeks Pembangunan Teknologi Informasi dan Komunikasi (IPTIK), Proporsi Remaja Dewasa Usia 15-59 Tahun dengan Keterampilan TIK (PRD-TIK), dan Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) sebagai variabel independen, sedangkan variabel jumlah perusahaan/unit IMK sebagai variabel dependen. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari Badan Pusat Statistik (BPS) dan Sensus Ekonomi 2016. Penelitian ini menggunakan model regresi data panel yang menggunakan <em>Fixed Effect Model </em>(FEM) terhadap 34 provinsi di Indonesia pada tahun 2015-2019. Hasil penelitian menunjukkan bahwa jumlah tenaga kerja IMK dan PRD-TIK berpengaruh positif dan signifikan terhadap pertumbuhan jumlah IMK di Indonesia, sedangkan IPTIK dan PDRB tidak berpengaruh signifikan terhadap jumlah IMK di Indonesia.</p> Maria Adora Dei Gratia Dwi Cahyani, Ag. Edi Sutarta Hak Cipta (c) 2024 JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/395 Sen, 06 Jan 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Kelompok Line 5 Pada PT Osung Garment https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/454 <p>Penelitian ini berjudul "Pengaruh Motivasi Kerja dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Kelompok Line 5 Pada PT Osung Garment". Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana motivasi kerja dan lingkungan kerja mempengaruhi kinerja karyawan di perusahaan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pengumpulan data melalui kuesioner yang disebarkan kepada karyawan kelompok line 5 di PT Osung Garment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara motivasi kerja dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan. Motivasi kerja yang tinggi dapat meningkatkan semangat dan produktivitas karyawan, sedangkan lingkungan kerja yang kondusif berkontribusi pada kenyamanan dan efektivitas kerja. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan masukan bagi manajemen PT Osung Garment dalam upaya meningkatkan kinerja karyawan melalui pengelolaan motivasi dan lingkungan kerja yang lebih baik</p> Novarni Sarly, Darwin Hasiholan, Eddy Setyanto Hak Cipta (c) 2024 JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/454 Sab, 31 Agu 2024 00:00:00 +0700 Pengaruh Mencari Variasi dan Ketidakpuasan Pelanggan terhadap Perpindahan Merek Produk Air Minum Kemasan Aqua ke LE Minerale (Studi Kasus Warga Kecamatan Cibitung) https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/466 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Mencari Variasi dan Ketidakpuasan Pelanggan Terhadap Perpindahan Merek Air Minum Kemasan Produk AQUA ke Le Minerale (Studi Kasus Pada Warga Cibitung). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan warga Kecamatan Cibitung. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dengan <em>margin of error </em>10%, sehingga keseluruhan data berjumlah 100 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) bahwa mencari variasi berpengaruh terhadap perpindahan merek. 2) Ketidakpuasan pelanggan berpengaruh terhadap perpindahan merek. 3) mencari variasi dan ketidakpuasan pelanggan berpengaruh secara bersama-sama terhadap perpindahan merek.</p> Rizki Fauzi, Jakaria Hak Cipta (c) 2025 JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/466 Sel, 07 Jan 2025 00:00:00 +0700 Efektivitas Iklan Jual Beli Online dan Brand Ambassador Terhadap Minat Konsumen Shopee COD https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/468 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Analisis Efektivitas Iklan Jual Beli Online “Tukul Arwana” Shopee 2.2 COD Sale dalam upaya meningkatkan penggunaan fitur COD Shopee di STIE Dharma Agung. Data yang digunakan dalam penelitian ini diperoleh dari 79 responden yang merupakan mahasiswa STIE Dharma Agung Indonesia. Teknik analisis data yang digunakan adalah menggunakan metode kuantitatif dan menggunakan pendekatan EPIC Model. Dimana indikatornya adalah empati, persuasi, dampak dan komunikasi. Hasil penelitian dengan metode kuantitatif menunjukkan bahwa variabel Brand Ambassador (0,675) lebih berpengaruh dibandingkan variabel Efektivitas Iklan (0,086). Sedangkan analisis EPIC masing-masing indikator adalah empati = 4,19, persuasi = 4,30, dampak = 4,48, komunikasi = 4,46. Dari keempat indikator yang diteliti, jika dimasukkan ke dalam skala efektivitas, maka hasil analisis keempat indikator tersebut berada pada rentang sangat efektif. Nilai EPIC rate yang merupakan nilai rata-rata keempat variabel berada pada angka 4,36. Nilai ini berada pada rentang sangat efektif pada rentang skala efektivitas.</p> Muhamad Hafiz Ramadhan Hak Cipta (c) 2025 JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/468 Sel, 07 Jan 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur (Subsektor Otomotif periode 2019-2023) https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/469 <p>Penelitian memiliki tujuan guna meneliti pengaruh Profitabilitas dan Leverage &nbsp;Terhadap Nilai Perusahaan Pada Perusahaan Manufaktur (Subsektor Otomotif Periode 2019-2023). Penelitian ini memmanfaatkan pendekatan kuantitatif dengan pemanfaatan data sekunder pada populasi perusahaan manufaktur sub sektor otomotif yang tercatat pada Bursa Efek Indonesia periode 2019-2023. Metode pengambilan sampel menggunakan teknik <em>purposive sampling </em>dengan berbagai kriteria sehingga didapatkan 8 perusahaan dengan akumulasi sampel sebanyak 38 sampel. Berbagai uji dilakukan pada penelitian ini, seperti analisis deskriptif, uji asumsi klasik hingga pengujian hipotesis. Berdasar pada keluaran penelitian ditemukan: 1) bahwa profitabilitas berpengaruh terhadap nilai perusahaan. 2) <em>Leverage</em> tidak berpengaruh terhadap nilai perusahaan. 3) Profitabilitas dan <em>leverage</em> berpengaruh secara bersama-sama terhadap nilai perusahaan</p> Reza Fauzan Hak Cipta (c) 2025 JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/469 Sel, 07 Jan 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Digital Marketing dan Brand Image Terhadap Minat Pengguna STIE Dharma Agung Indonesia https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/470 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Digital Marketing dan Brand Image terhadap minat Pengguna STIE Dharma Agung Indonesia (Studi Kasus Pada Mahasiswa STIE Dharma Agung Indonesia), Populasi dalam penelitian ini yaitu Mahasiswa STIE Dharma Agung Indonesia. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 240 Responden, dengan melakukan skala pengukuran Skala Likert. Model yang digunakan pada penelitian ini adalah hubungan pengaruh dengan pengumpulan data yang digunakan adalah instrument kuesioner/angket. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Asumsi Klasik, Analisis Regresi Linier Berganda dan Uji Hipotesis.&nbsp; Dampak positif dari pemasaran digital dan citra merek terhadap minat pengguna menunjukkan bahwa lembaga pendidikan harus terus memperbaiki dan mengembangkan strategi pemasaran mereka serta mempertahankan citra merek yang baik untuk meningkatkan keterlibatan dan minat mahasiswa. Temuan ini sangat relevan bagi lembaga pendidikan yang ingin meningkatkan daya tarik dan keterlibatan mahasiswa dengan menggunakan pendekatan manajemen citra dan pemasaran kontemporer. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan menunjukan bahwa: 1) <em>Digital marketing </em>berpengaruh pada variabel Minat Pengguna 2)<em> Brand Image </em>berpengaruh pada variabel minat pengguna 3) <em>Digital Marketing</em> dan <em>Brand Image</em> simultan berpengaruh terhadap minat pengguna.</p> Candra Kuncoro Saputro Hak Cipta (c) 2025 JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/470 Sel, 07 Jan 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Merdeka Motor Cikarang Utara https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/473 <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Merdeka Motor Cikarang Utara.Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini merupakan pelanggan di PT. Merdeka Cikarang Utara. Sampel dalam penelitian ini ditentukan dengan menggunakan rumus slovin dengan margin of error 10%, sehingga keseluruhan data berjumlah 97 sampel. Metode analisis yang digunakan adalah uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis.Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) pengaruh Kualitas pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan. 2) Pengaruh Kualitas Produk terhadap Kepuasan Pelanggan. 3) pengaruh Kualitas pelayanan dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Pelanggan.</p> <p><strong>Kata Kunci: </strong>Kata Kunci : kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Kepuasan Pelanggan</p> Nurul Afifah, Jakaria Hak Cipta (c) 2025 JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/473 Sel, 07 Jan 2025 00:00:00 +0700 Penyusunan Sistim Manajemen Karir Untuk Merentensi Karyawan Di PT. XYZ Bekasi https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/474 <p>Salah satu tantangan yang dihadapi organisasi adalah mempertahankan karyawan yang potensial dan berkinerja baik untuk terus berada di organisasi.</p> <p>Penelitian ini dilakukan di PT XYZ Bekasi, sebuah perusahaan swasta di bidang <em>property</em> <em>developer</em> yang telah berdiri sejak tahun 2004 dan berkembang sangat pesat.</p> <p>Dalam beberapa tahun terakhir, PT XYZ mengalami <em>turn over</em> karyawan yang cukup tinggi dan dari hasil <em>exit interview</em> yang dilakukan, kebanyakan karyawan ke luar karena merasa tidak ada kejelasan dalam kariernya.</p> <p>Penelitian ini dilakukan untuk menjawab permasalahan tersebut dengan menyusun Sistem Manajemen Karier yang jelas bagi PT. XYZ agar dapat meretensi karyawan yang potensial dan berkinerja tinggi.</p> <p>Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif yaitu melakukan studi dokumen, wawancara dengan manajemen puncak dan tum SDM, serta melakukan diskusi dengan perwakilan setiap departemen.</p> <p>Berdasarkan karakteristik PT. XYZ sebagai <em>property</em> <em>developer</em>, maka pekerjaan yang dilakukan kebanyakan berdasarkan proyek (<em>project</em> <em>based</em>). Artinya seorang karyawan dapat berperan sebagai <em>team leader</em> di satu proyek, dan kemudian menjadi anggota tim di proyek yang lain. Oleh karena itu Sistem Manajemen Karier yang disusun akan mengakomodir tidak hanya pekerjaan-pekerjaan struktural yang memerlukan kemampuan manajerial, namun juga mengakomodir pekerjaan-pekerjaan fungsional/spesialis, yaitu pekerjaan-pekerjan yang tidak memerlukan kemampuan manajerial, namun lebih memerlukan peningkatan kemampuan teknis.</p> <p>Jalur karier struktural dan jalur karier fungsional dibedakan dalam persyaratan kenaikan golongan. Jalur karier struktural didasarkan pada peningkatan kemampuan manajerial, sedangkan Jalur karier fungsional berdasarkan peningkatan kemampuan teknis.</p> <p>Kata kunci: Sistem Manajemen Karir, Retensi, Jalur Karir Struktural, Jalur Karir Fungsional</p> Triana Refelina, Prillia Haliawan Hak Cipta (c) 2025 JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/474 Sel, 07 Jan 2025 00:00:00 +0700 Kewirausahaan Dan Digitalisasi Terhadap Pemasaran Daring https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/475 <p>Kewirausahaan sosial telah menjadi pendekatan penting dalam memecahkan masalah sosial melalui inovasi bisnis. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan teknologi digital dalam pemasaran secara daring dan efektivitas kewirausahaan sosial. Dengan dukungan teknologi, kewirausahaan sosial mampu memberikan solusi yang lebih cepat dan inklusif bagi masyarakat yang sebelumnya terpinggirkan. Contoh nyatanya adalah <em>e-commerce</em> sosial yang memberdayakan pengusaha kecil melalui komunitas <em>online</em>. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka untuk mengkaji berbagai studi kasus yang berfokus pada penerapan kewirausahaan dan digitalisasi dalam mempengaruhi pemasaran secara daring. Data diperoleh dari literatur yang relevan serta analisis platform digital yang telah terbukti sukses dalam mempromosikan inklusi sosial dan ekonomi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kewirausahaan dan digitalisasi mampu memperkuat pemasaran daring, pemasaran yang dilakukan oleh penjual menjadi lebih kreatif dan juga variatif. Namun, masih terdapat tantangan seperti kesenjangan akses teknologi dan keberlanjutan model bisnis yang harus diatasi. Kesimpulannya, kewirausahaan dan digitalisasi berperan penting dalam memajukan cara penjual dalam mempromosikan barang daganganya, namun perlu dukungan infrastruktur yang merata serta inovasi berkelanjutan untuk memastikan dampak jangka panjang bagi masyarakat luas.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> Digital, Kewirausahaan, Inovasi, Pemasaran</p> Tesa Ika Wulandari, Desty Indarti, Pratama, Fajarina, Harry Z. Soeratin Hak Cipta (c) 2025 JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/475 Rab, 08 Jan 2025 00:00:00 +0700 Optimalisasi Kerangka ESG (Environment, Social, Governance) Sebagai Strategi Mitigasi Risiko Dan Peluang Berkelanjutan Bisnis Perusahaan https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/476 <p>Pengoptimalisasi ESG <em>(</em><em>Environment, Social, and Governance)</em> telah menjadi pendekatan penting dalam memecahkan masalah mitigasi risiko dan keberlanjutan bisnis. Penulisan artikel ini bertujuan untuk menganalisis optimalisasi kerangka ESG sebagai strategi mitigasi risiko dan pemanfaatan peluang untuk keberlanjutan bisnis perusahaan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan pendekatan kajian pustaka untuk mengkaji berbagai studi kasus yang berfokus pada penerapan ESG (<em>Environment, Social, and Governance</em>). Data diperoleh dari literatur yang relevan serta analisis ESG yang telah terbukti sukses dalam strategi mitigasi risiko dan pemanfaatan peluang untuk keberlanjutan bisnis perusahaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan ESG (<em>Environment, Social, and Governance</em>) merupakan kebutuhan strategis untuk menghadapi tantangan keberlanjutan. ESG membantu perusahaan mengelola risiko nonkeuangan, seperti risiko reputasi, regulasi, dan operasional, sekaligus menciptakan peluang untuk menarik investasi, meningkatkan efisiensi, dan memperkuat reputasi.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> ESG, Keberlanjutan, Strategi Bisnis</p> Angelica Fajarina, Harry Z. Soeratin Hak Cipta (c) 2025 JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/476 Rab, 08 Jan 2025 00:00:00 +0700 Strategi Kewirausahaan Berkelanjutan Melalui Pendekatan ESG https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/477 <p>Strategi kewirausahaan berkelanjutan dikaji melalui kerangka ESG (Lingkungan, Sosial, Tata Kelola), yang menyediakan landasan strategis untuk mengintegrasikan keberlanjutan ke dalam praktik bisnis. ESG menekankan pengurangan risiko lingkungan dan sosial sekaligus meningkatkan reputasi, daya saing, dan kepercayaan pemangku kepentingan. Fokus utama meliputi pengelolaan limbah yang efektif, peningkatan kesejahteraan masyarakat, dan memastikan tata kelola yang transparan. Meskipun bermanfaat, implementasi ESG menghadirkan tantangan seperti biaya awal yang tinggi, resistensi organisasi, dan perlunya perubahan budaya. Mengatasi tantangan ini memerlukan kepemimpinan yang kuat, pelatihan terstruktur, keterlibatan pemangku kepentingan aktif, dan evaluasi berkelanjutan untuk memastikan keberhasilan jangka panjang.</p> <p><strong>Kata Kunci:</strong> ESG, sosial, lingkungan, tata kelola</p> Salma Dwi, Harry Z. Soeratin Hak Cipta (c) 2025 JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/477 Rab, 08 Jan 2025 00:00:00 +0700 Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Casuarina Harnessindo https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/481 <p>Kualitas produk dan kualitas pelayanan adalah cara untuk meningkatkan kepuasan pelanggan, sedangkan kepuasan pelanggan adalah perasaan senang atau kecewa terhadap produk dan pelayanan dimana kebutuhan, keinginan dan harapan dari pelanggan dapat terpenuhi atau sesuai harapan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan terhadap Kepuasan Pelanggan di PT. Casuarina Harnessindo. Teknik pengumpulan data melalui kuesioner dengan menggunakan skala likert. Sampel yang diambil menggunakan rumus slovin, berjumlah 66 responden yang merupakan para pelanggan PT. Casuarina Harnessindo. Metode analisi data yang digunakan yaitu analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa: (1) Kualitas Produk berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan (2) Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Casuarina Harnessindo (3) Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan berpengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama terhadap Kepuasan Pelanggan PT. Casuarina Harnessindo.</p> <p><strong>Kata Kunci</strong> : Kualitas Produk, Kualitas Pelayaan, Kepuasan Pelanggan</p> Linda Linda Hak Cipta (c) 2025 JURNAL KEWIRAUSAHAAN, AKUNTANSI DAN MANAJEMEN TRI BISNIS https://ejurnal.stietribhakti.ac.id/index.php/TRIBISNIS/article/view/481 Rab, 08 Jan 2025 00:00:00 +0700