PELATIHAN PEMANFAATAN DIGITAL MARKETING DALAM PENGEMBANGAN PAMASARAN DAN KEWIRAUSAHAAN UMKM DI DESA BANGUNJIWO KELURAHAN BANGUNJIWO KECAMATAN KASIHAN KABUPATEN BANTUL YOGYAKARTA
Keywords:
Pelatihan, digital marketing, ecommerce, media sosialAbstract
Perkembangan informasi teknologi memasuki ke arah digital marketing bagi para wirausahawan ataupun pelaku umkm. Digital marketing adalah bentuk pemasaran digital yang menggunakan platform sosial media dan situs web jaringan untuk mempromosikan produk atau layanan organisasi melalui cara berbayar dan tidak berbayar.hal tersebut dapat meningkatkan penjualan produk UMKM contoh media social yaitu menggunakan Whatsapp, Facebook, Intagram dan lain-lain. Permasalahan yang di hadapi oleh pelaku UMKM khususnya diwilayah Desa Bangunjiwo adalah penyebaran promosi yang masih konvensional dengan cara promosi mulut ke mulut, pembuatan pamphlet serta mengikuti pameran maupun bazar yang lingkup pasarnya masih kecil. Oleh sebab itu tingkat pendapatan pelaku umkm di desa bangunjiwo tidak berkembang pesat. Dengan adanya pelatihan digital marketing bagi pelaku UMKM di Desa Bangunjiwo Kasihan Bantul Yogyakarta maka dari itu nantinya para pelaku UMKM dapat memanfaatkan platform e-commerce ataupun media social sebagai alat untuk memperluas cakupan promosi dan meningkatkan penjualan produk.