Loyalty Pengaruh Kepercayaan dan Kepuasan Konsumen Terhadap Loyalitas Konsumen

Penulis

  • Muhamad Ilham Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Bhakti
  • Irvan F.C.Oentoeng Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Bhakti

Kata Kunci:

Kepercayaan, Kepuasan,, Loyalitas konsumen

Abstrak

Maraknya e-commerce turut mengubah pola berbelanja masyarakat. Mereka tidak lagi sering mengunjungi toko atau pusat perbelanjaan untuk membeli kebutuhan tetapi mulai mengandalkan belanja melalui e-commerce. Hal ini yang membuat kepercayaan konsumen menurun dan lebih memilih tempat jasa lain dibanding dengan tempat jasa ini..Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Dalam penelitian ini di dapatkan hasil uji korelasi R square sebesar 0.717 menunjukkan loyalitas konsumen dipengaruhi oleh kepercayaan dan kepuasan konsumen di Toko Adi Computer sebesar 71% sedangkan sisanya 29% dipengaruhi oleh faktor atau variabel lain.Kepercayaan (X1) berpengaruh positif terhadap Loyalitas Konsumen (Y). Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,613 dan nilai t_hitung 8,784 ? t_( tabel) 1,660 serta nilai signifikansi 0,000 ? 0,05. Kepuasan (X2) berpengaruh positif terhadap Loyalitas Konsumen (Y). Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,147 dan nilai t_hitung 1,587 ? t_( tabel) 1,660 serta nilai signifikansi 0,000 ? 0,05. Hal ini menunjukan bahwa rendahnya kepuasan yang diberikan, maka akan rendah juga kepuasan yang dirasakan oleh para konsumen. Kepercayaan (X1) dan Kepuasan Konsumen (X2) berpengaruh positif terhadap Loyalitas Konsumen (Y). Hal tersebut dapat dibuktikan dengan nilai f_hitung sebesar 128,905 ? f_tabel 3,09 dan dengan nilai signifikansisebesar 0,000 ? 0,05.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-26