Pengaruh Kualitas Pelayanan Publik dan Citra Kelurahan Terhadap Kepuasan Masyarakat Di Kantor Kelurahan Bantargebang

Penulis

  • Rizky Yolanda Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Bhakti
  • Irvan FC.Oentoeng Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Tri Bhakti

Kata Kunci:

Kualitas Pelayanan, Citra, Kepuasan Masyarakat

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas pelayanan publik dan citra kelurahan terhadap kepuasan masyarakat di kantor kelurahan bantargebang. Pengaruh kedua variabel bebas diuji baik secara parsial maupun simultan terhadap kepuasan masyarakat dengan mengambil lokasi responden di kantor kelurahan Bantargebang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang mengunjungi kantor kelurahan Bantargebang yang berjumlah 167 orang. Sampel dalam penelitian ini adalah masyarakat yang hadir pada tanggal 1Oktober – 31Desember 2022 dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah kuesioner. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis regresi linier berganda. Dari hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut : (1) kualitas pelayanan tidak berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi (b1) sebesar 0,30 dan nilai thitung 0.376 serta nilai signifikansi 0,708 > 0,05. (2) citra kelurahan berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat yang ditunjukkan dengan nilai koefisien regresi(b2)sebesar0,579dan nilait hitung 7.998serta nilaisignifikansi0,000<0,05. (3) kualitas pelayanan dan citra kelurahan secara simultan berpengaruh positif terhadap kepuasan masyarakat yang ditunjukkan dengan nilai F hitung sebesar 38.141, nilai signifikansi 0,000<0,05 dan nilai R-Square sebesar 0,317 atau 31.7 %, artinya bahwa kepuasan masyarakat dipengaruhi oleh kualitas pelayanan dan citra kelurahan, sedangkan sisanya sebesar 68.7% dipengaruhi oleh faktor lain diluar atau yang tidak dimasukkan dalam penelitian ini, dan diharapkan akan diteliti oleh peneliti selanjutnya.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2024-02-26