Pengaruh Citra Merek, Kualitas Produk dan Kualitas Pelayanan Terhadap Loyalitas Pelanggan Ventela di Kecamatan Bekasi Timur
Kata Kunci:
Citra Merek, Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan, Loyalitas PelangganAbstrak
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh citra merek, kualitas produk, dan kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Ventela di Kecamatan Bekasi Timur. Populasi dalam penelitian ini adalah pelanggan Ventela yang merupakan seorang pelajar/mahasiswa di Bekasi Timur. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan metode purposive sampling. Sampel yang diambil sebanyak 180 responden. Analisa yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda. Hasil dari penelitian ini menunjukkan: (1) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel citra merek terhadap loyalitas pelanggan Ventela di Kecamatan Bekasi Timur, (2) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas produk terhadap loyalitas pelanggan Ventela di Kecamatan Bekasi Timur, (3) terdapat pengaruh positif dan signifikan variabel kualitas pelayanan terhadap loyalitas pelanggan Ventela di Kecamatan Bekasi Timur, (4) terdapat pengaruh positif dan signifikan antara variabel citra merek, kualitas produk dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap loyalitas pelanggan Ventela di Kecamatan Bekasi Timur. Hasil analisis uji Koefisien Determinasi dengan SPSS versi 26, nilai R Square sebesar 0,572 yang berarti bahwa variabel citra merek, kualitas produk dan kualitas pelayanan berkonstribusi sebesar 57,2% dalam mempengaruhi loyalitas pelanggan dan sisanya 42,8% dipengaruhi oleh variabel lain di luar penelitian ini.